Pencarian  
adminwebSunday, 18 August 2013 11:15Berita Satuan

PEMBEKALAN PHH SATUAN JAJARAN KODAM DI DODIK BELANEGARA RINDAM BRW


   Malang, Menyikapi situasi dan perkembangan kedepan di bidang keamanan, Komando Pendidikan Bela Negara Rindam V/Brawijaya menyelenggarakan pelatihan dan pembekalan PHH pada hari Jumat (16/8). Kegiatan ini sebagai bentuk antisipasi tantangan kedepan wilayah Jawa Timur di bidang keamanan yang akan menghadapi Pemilukada Provinsi dan 4 kota lainnya. Hal ini menjadi urgen mengingat kondusivitas keamanan harus tetap terjaga tanpa harus mengganggu seluruh aspek kehidupan sebab Jawa Timur memegang peran penting dengan jumlah penduduk yang besar sebagai barometer keamanan yang dapat berpengaruh pada stabilitas nasional, seperti yang diucapkan Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Ediwan Prabowo, S.IP kepada prajurit dan PNS di jajaran Kodam.

     Kegiatan pelatihan dan pembekalan ini diselenggarakan dengan Koordinator Latihan adalah Kabaglat Rindam V/Brawijaya dan diikuti oleh 198 personel yang terdiri dari Pelatih, Pelaku dan Peraga, termasuk dalam pelaku yang hadir adalah para Danki, Pasiops dan Bintara Pelatih di 10 satuan jajaran Kodam V/Brawijaya serta 108 prajurit dari Yonif 512 termasuk didalamnya. Untuk menyamakan persepsi pula, turut dihadirkan 10 orang dari Brimob dalam kelompok pelatih.

 

      Hal ini menjadi sejalan dan diharapkan bersinergi positif  dengan rekan kepolisian bila dihadapkan di lapangan mengingat peran prajurit menjadi urgen dalam menjaga keamanan saat perbantuan pada kepolisian dalam menangkal segala bentuk gangguan keamanan. Terlebih telah diamanatkan dalam UU No 34 Tahun 2004 tentang TNI dan lebih khusus pada Tugas Pokok TNI pada Operasi Militer selain Perang yang salah satunya dinyatakan bahwa turut membantu tugas kepolisian.


     Pelaksanaan kegiatan hanya satu hari yaitu Jumat mulai pagi pk. 08.00 WIB dan berakhir di sore hari (pk.15.00) yang diawali dari pembekalan secara teori di dalam ruangan dan di lapangan, praktek dan pemeragaan secara bersama, termasuk didalamnya tentang pengorganisasian dan gerakan dalam penindakan. Diakhir seperti lazimnya menyelenggarakan kegiatan, disampaikan evaluasi yang langsung disampaikan oleh Kabaglat Rindam V/Brawijaya (lihat: Galeri Foto).

     Pelatihan dan pembekalan ini sengaja menghadirkan para Danki, Pasiops dan Bintara Pelatih untuk melatihkan kepada prajurit di satuannya masing-masing dengan persepsi dan pemahaman yang sama dalam satu komando. Seperti dinyatakan diawal, disaat dihadapkan di lapangan menjadi satu kesepahaman baik internal satuan maupun dengan kepolisian. Namun, kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan sesaat melainkan harus menjadi pembinaan yang berkelanjutan dan berkesinambungan yang setiap saat dapat digerakan sesuai dengan kebutuhan (Pendam V/Brawijaya)

          

 

     

Berita Lain :