Pencarian  
adminwebThursday, 10 May 2018 22:01 Berita Nasional

Klarifikasi Kapendam V/Brawijaya Tentang Meme/Pamflet Hoax Yang Kembali Beredar

Klarifikasi Hoax


Kapendam V /Brawijaya Kolonel Infanteri Singgih Pambudi Arinto, S. IP, menyatakan, beredarnya gambar meme/pamflet yang memuat foto mantan Pangdam V/Brw dan Banser serta memuat konten bernada provokatif adalah hoax. Meme ini pernah beredar tahun 2016 dan sudah pernah diklarifikasi oleh Pendam V/Brawijaya.


Dengan beredarnya kembali meme/pamflet bertuliskan "Pencopotan spanduk khilafah dimana NU dan TNI siap bertanggung jawab atas aksi tersebut", Kapendam V/Brw menyatakan isi meme/pamflet ini adalah tidak benar. Yang benar adalah bahwa memang telah dilaksanakan kunjungan audensi Banser NU ke Kodam V/Brawijaya untuk bersilaturahmi kepada Pangdam V/Brawijaya 2 tahun lalu, tepatnya pada hari Rabu, tanggal 20 April 2016. Dalam audensi tersebut Pangdam V/Brawijaya menyatakan bahwa kunjungan Koordinator Wilayah Banser bertujuan untuk silaturahmi dan memperkenalkan diri pengurus Satkowil Banser Jatim kepada Pangdam V/Brawijaya saat itu (Mayjen TNI Sumardi) sekaligus membahas tentang ancaman bagi Negara yang dimungkinkan dapat muncul  seperti keberadaan PKI yang saat ini menjadi bahaya laten. Seperti yang tertulis pada laman resmi Kodam V/Brawijaya tanggal 21 April 2016 (http://www.kodam5-brawijaya.mil.id/berita/detail/1754/audiensi-pangdam-vbrawijaya-bersama-satkorwil-banser-jatim.html). Pihak Banser juga mengaku ada yang memelintir pertemuan mereka sehingga membuat pihak TNI dan Banser dirugikan.


Dengan klarifikasi ini maka Pendam V /Brawijaya secara resmi menyatakan bahwa Kodam V/Brawijaya tidak pernah mengeluarkan statemen seperti di meme/pamflet tersebut.


Berita Lain :