Pencarian  
adminwebTuesday, 18 February 2014 18:29 Berita Satuan

KESIAPSIAGAAAN YONIF 521/DADAHA YODHA DALAM MENGHADAPI KORBAN AMUKAN GUNUNG KELUD


Kediri, Yonif 521/DY sebagai satuan tempur yang berada di jajaran Brigif 16/Wira Yudha mulai menyiagakan pasukannya guna mengantisipasi kemungkinan meletusnya Gunung Kelud dengan mengorganisir personil yang siap digerakkan guna misi penyelamatan terhadap korban bencana Letusan Gunung Kelud. Hal ini sengaja dilakukan, karena secara langsung Batalyon Infanteri 521/DY berada di wilayah Kediri. Selain itu sebagai satuan tempur, Batalyon Infanteri 521/DY memang disiapkan untuk melaksanakan tugas operasi militer selain perang, yaitu sebagai satuan tanggap bencana.

 


   Tepat pada hari Senin tanggal 10 Pebruari 2014 status siaga I diberlakukan terhadap Gunung Kelud, mengetahui hal tersebut, Mayor Inf Imam Purnomo Hadi, S.I.P selaku Danyonif 521/DY melalui Pelaksana harian Wakil Komandan Batalyon Kapten Inf Dwi Dipoyono memerintahkan kepada komandan satuan jajaran untuk selalu senantiasa siap sedia bergerak beserta personil dengan kekuatan 2 SSK. Mengingat status Gunung Kelud berubah menjadi siaga II pada hari Selasa tanggal 11 Pebruari 2014.

   Pada pukul 22.50 Gunung Kelud meletus namun hal tersebut tidak menyurutkan niat dan semangat personil Yonif 521/DY untuk berangkat menjalankan tugas kemanusiaan dalam rangka evakuasi korban letusan/erupsi Gunung Kelud. Personil Yonif 521/DY sebanyak 1 ( satu ) SSK dengan dipimpin oleh Dankipan B Kapten Inf Ardianyah diterjunkan menuju sekitar wilayah letusan yang berada di Ds. Sugih Waras, Kec. Ngancar Kab. Kediri untuk melakukan evakuasi/penyelamatan korban dan hewan ternak serta menjaga harta benda warga yang ditinggalkan.


   Dengan kekuatan 1 ( satu ) SSK lagi yang dipimpin oleh Dankipan A Lettu Inf Surisfianto diterjunkan untuk pendirian Posko tambahan maupun pendistribusian bantuan dan logistik, hingga pasca terjadinya erupsi Gunung Kelud, Yonif 521/DY senantiasa tetap menunjukkan eksistensinya dalam bentuk kegiatan karya bakti pembersihan infrastruktur jalan yang tertutup oleh pasir dan batuan, selain itu Yonif 521/DY juga turut membantu rehabilitasi rumah warga korban letusan Gunung Kelud yang rusak akibat tertimpa material Gunung Kelud (521/Pendam V/Brawijaya)


Berita Lain :