Pencarian  
adminwebMonday, 31 March 2014 10:29 Amanat

SAMBUTAN PANGLIMA KODAM V/BRAWIJAYA PADA WISUDA SARJANA KE-22 UNIVERSITAS MERDEKA SURABAYA TAHUN AKADEMIK 2013/2014 TANGGAL 29 MARET 2014


Yth. - Walikota Surabaya (atau yang mewakili)
       - Koordinator Kopertis Wilayah VII Jawa Timur (atau yang mewakili)
       - Ketua Harian dan Ketua Yayasan Universitas Merdeka Surabaya, berserta para Pengurus,
       - Para Ketua Yayasan Universitas Merdeka se-Jawa Timur berserta para Rektor dan Pengurus,
       - Saudara Rektor beserta para Anggota Senat, para Pimpinan dan Staf Rektorat, Para Dosen dan Civitas

       Akademika Universitas Merdeka Surabaya,
       - Para  Orang  Tua dan Para Wali Wisudawan dan Wisudawati,
      - Para Tamu Undangan, para Mahasiswa, khususnya para Wisudawan dan Wisudawati yang saya cintai dan

saya banggakan.



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua.
   
    Pada kesempatan yang bersejarah dan penting ini, marilah kita senantiasa menghaturkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini, kita semua dalam kondisi baik dan sehat, dapat mengikuti acara Wisuda Program Diploma-III dan Sarjana Strata-I ke-22 Universitas Merdeka SurabayaTahun Akademik 2013-2014.
   

   Berkenaan dengan acara Wisuda ini, saya selaku Pembina Utama Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Surabaya dan pribadi, mengucapkan ”selamat dan sukses” kepada para Wisudawan dan Wisudawati, yang telah berhasil menyelesaikan program pendidikan di Universitas Merdeka Surabaya. Harapan saya, apa yang telah dicapai, dapat dijadikan sebagai modal dasar untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

    Keberhasilan ini, tentunya tidak terlepas dari kesungguhan dan kerja keras para Wisudawan dan Wisudawati, serta dukungan dan peran penting para orang tua atau Wali. Untuk itu, saya ucapkan ”terima kasih dan selamat” kepada para orang tua dan para wali, yang telah  mendukung putra-putrinya sehingga dapat menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi ini secara baik.

   Pada kesempatan yang membanggakan ini pula, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setingginya kepada saudara Ketua Harian dan pengurus Yayasan, Saudara Rektor, para Anggota Senat berikut para Pimpinan dan Staf Rektorat, para Dosen dan segenap Civitas Akademika Universitas Merdeka Surabaya, yang telah berkerja keras sehingga berhasil mengantarkan para mahasiswa-mahasiswinya mencapai cita-cita sesuai dengan harapan masing-masing.

     Hadirin sekalian yang saya hormati,

   Bangsa kita saat ini menghadapi perubahan paradigma secara global, regional maupun lokal.  Secara global terjadi perubahan dari Bipolar menjadi Multipolar, dari Uniteralisme ke Multilateralisme, dan dulu ketegangan bersifat Simetris sekarang menjadi Asimetris.  Bentuk  ancaman yang kita kenal dan hadapi selama ini telah berubah dan semakin beragam, menjangkau semua aspek kehidupan masyarakat.

   Juga pada Kemajuan teknologi informasi, komunikasi dan tranportasi, membuat Negara-negara yang dulunya tertutup tirai, menjadi telanjang, dan dunia seolah tidak ada batasnya.  Pasca reformasi, kita juga terus berjuang untuk menjadi bangsa yang demokratis, mencintai Lingkungan Hidup; menjunjung tinggi Hukum dan Hak Asasi Manusia, serta berperang melawan Korupsi.

   Perubahan untuk menuju kehidupan yang lebih baik ini, menuntut sikap dan cara pandangan yang tepat dari segenap bangsa Indonesia. Bila tidak, justru dapat merusak sendi-sendi kehidupan bangsa kita yang dikenal luhur dan beradab.

    Mencermati kondisi tersebut, saya berharap adanya peran besar seluruh komponen bangsa, termasuk para Wisudawan-Wisudawati, untuk turut serta menciptakan kemajuan positif, melalui cara-cara berfikir yang jernih dalam menyikapi berbagai hal yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dan tidak terpengaruh oleh hal-hal yang berpengaruh buruk kepada masyarakat, terlebih yang dapat merusak persatuan dan kesatuan diantara komponen bangsa.

  Tugas anak bangsa kedepan-- dalam upaya mewujudkan Indonesia yang adil, makmur dan bermartabat--tentu akan lebih kompleks, dimensinya mungkin bertambah, spektrumnya bisa lebih luas dan warnanya akan lebih bervariasi.  Apa yang saat ini menjadi angan-angan, Apa yang saat ini masih dianggap “mustahil”, kedepan kita semua perlu bersikap optimis bahwa kita mampu mewujudkannya.

    Saya yakin kedepan bangsa Indonesia akan dapat mengatasi permasalahan-permasalahan   yang sedang kita hadapi, dan disinilah harapan besar akan tertumpu pada generasi muda bangsa Indonesia, termasuk para Wisudawan-Wisudawati sekaiian. Di pundak kalian semua telah tersandang predikat sarjana dan bersiap untuk mengabdikan diri pada masyarakat, bangsa dan negara

      Para Wisudawan-Wisudawati yang saya banggakan,

    Dari perkembangan lingkungan yang telah saya sampaikan tadi, hal penting yang perlu kita cermati adalah “pengaruhnya terhadap kehidupan mendasar manusia Indonesia, dan lebih jauh lagi, terhadap kedaulatan negara kita”.

    Saudara sebagai lulusan Universitas Merdeka, juga sebagai generasi muda, generasi penerus Bangsa, harus dan wajib peka terhadap perkembangan yang pada tataran strategik muncul di lingkup global, regional dan nasional.

    Pengaruh strategik ini perlu disikapi tidak hanya dengan dimilikinya kemampuan yang handal saja, namun juga dimilikinya jiwa nasionalisme yang dilandasi wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air Indonesia yang kokoh dan kuat.  Tanpa pamrih, semua keahlian dan kemampuan yang kita miliki dicurahkan sebesar-besarnya untuk kejayaan bangsa kita.

   Sebagaimana kita ketahui bersama, Indonesia merupakan bangsa yang memiliki keragaman kultur, juga keragaman suku, bahasa, etnis, dan golongan. Sehingga nilai-nilai dan wawasan kebangsaan merupakan prasyarat mutlak yang harus dijaga demi persatuan bangsa serta tetap tegak dan utuhnya NKRI.

    Oleh karena itu, Saudara harus memahami secara komprehensif keadaan geografis, kondisi demografis, dan kondisi sosial serta aspek-aspek kehidupan masyarakat di daerah dimana saudara bekerja dan mengabdi nantinya. Selanjutnya saudara juga dituntut untuk dapat  sebagai panutan kepemimpinan dan kedisiplinan di tengah-tengah masyarakat.

   Saudara juga diandalkan sebagai komponen masyarakat intelektual,  bersama-sama dengan komponen bangsa lainnya, hendaknya dapat berperan aktif turut memelihara persatuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi oleh etika, moral dan akhlak yang mulia. Hindarkan diri dari perilaku provokasi, cara-cara anarkis, serta tindakan yang bertentangan dengan hukum dan jati diri bangsa, yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

   Sesungguhnya, disinilah harapan besar yang tertumpu pada generasi muda bangsa Indonesia, yang di dalamnya termasuk para alumni dan mahasiswa-mahasiswi Universitas Merdeka Surabaya. Di pundak saudara-saudari yang saat ini telah menyandang predikat sarjana, Ibu Pertiwi telah menanti pengabdian diri saudara pada masyarakat, bangsa dan negara.

    Saudara sebagai Alumnus Universitas MerdekaSurabaya, tentunya akan membawa nama almamater sampai kapanpun dan berada dimanapun. Untuk itu saya berharap agar para Wisudawan-Wisudawati mampu memposisikan diri dengan baik dan terus berkiprah dalam membantu berbagai kesulitan masyarakat, sesuai disiplin ilmu yang telah diperoleh.

     Hadirin sekalian yang saya hormati,

   Keberadaan Universitas Merdeka Surabaya dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas merupakan harapan kita semua.  Universitas Merdeka, diharapkan tidak semata mencetak generasi muda yang handal pengetahuannya, namun juga menjadikan anak bangsa yang berwawasan kebangsaan, mencintai tanah airnya, serta memiliki disiplin yang tinggi, serta menjiwai kepemimpinan bangsa.

    Saya   berharap, agar Universitas  Merdeka Surabaya selalu melakukan langkah-langkah penyempurnaan dan pengembangan berkaitan dengan komponen pendidikan termasuk SDM-nya. Dengan demikian, Universitas Merdeka Surabaya akan semakin diperhitungkan dalam dunia pendidikan di tanah air, serta dapat mencetak lulusanyang berkualitas, Lulusan yang dapatmenjawab tantangan masa depan yang semakin komplek dan semakin berat.

    Akhirnya. sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setingginya kepada Ketua Yayasan, Saudara Rektor, dan segenap Civitas Akademika Universitas Merdeka Surabaya. Juga ucapan terimakasih kepada Walikota Surabaya, serta seluruh masyarakat Surabaya yang telah banyak memberikan dukungan untuk kemajuan dan keberhasilan Universitas MerdekaSurabaya.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan membimbing kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara yang kita cintai.

Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.

                                                            Panglima Kodam V/Brawijaya
                                                                          Selaku
                                                              Pembina Utama Yayasan
                                                             Perguruan Tinggi Merdeka


                                                               Ediwan Prabowo, S.IP
                                                                 Mayor Jenderal TNI


Berita Lain :