Pencarian  
adminwebWednesday, 02 April 2014 15:55 Amanat

SAMBUTAN PANGLIMA KODAM V/BRAWIJAYA PADA ACARA PERESMIAN RUMAH SUSUN PRAJURIT DAN RUSUN SETARA TOWER (RUMAH TAPAK) KODAM V/BRAWIJAYA TANGGAL 02 APRIL


Ysh.    -    Kepala Staf Kodam V/Brawijaya, beserta Para Pejabat Markas Kodam dan para Kabalak Kodam.
Ysh.    -    Danrindam, Para Danrem dan para Dansat Kowil serta para Dansatpur dan Banpur
Ysh.    -    Bupati beserta FKPD, Ketua DPRD dan para pejabat instansi pemerintahan sipil dan juga jajaran Polri.
           -    Para undangan, dan para Prajurit serta Pegawai Negeri Sipil Bhirawa Anoraga yang saya hormati dan saya

          Cintai.

     Assalamu‘alaikum Wr. Wb.
     Salam sejahtera bagi kita semua,

   Pada kesempatan yang penting ini, mari kita selalu menghaturkan Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan ridho-Nya, kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan baik dan sehat, untuk meresmikan bangunan Rumah Susun (Rusun) dan Rumah Tapak dilingkungan Kodam V/Brawijaya.

   Kita juga patut bersyukur, karena pada hari ini jugakita akan meresmikan penggunaan Rumah Susun dan Rumah Tapak, yang ditandai dengan masuknya para Prajurit dan PNS beserta keluarganya, selaku penghuni untuk yang pertama kalinya. Tentu peristiwa ini tidak saja membanggakan kita semua, namun lebih mendalam lagi juga membahagiakan karena kita mendapat tambahan perumahan, dimana para prajurit dan PNS akan tinggal serta membina keluarganya.

     Hadirin sekalian yang saya hormati,

   Pembangunan Rusun dan perumahan Prajurit ini merupakan wujud nyata upaya pemerintah dan perhatian pimpinan Angkatan Darat untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit dan Pegawai Negeri Sipil-nya. Upaya ini sejalan dengan keberhasilan dan kemajuan pembangunan ekonomi di Indonesia, sehingga walaupun ditengah-tengah upaya Pemerintah tuntuk terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, pemerintah juga dapat memberikan komitmen yang kuat untuk meningkatkan kesejahteraan  Prajurit dan PNS-nya. 

  Pembangunan ini merupakan pertama kalinya bagi jajaran TNI-- termasuk Kodam kita--mendapat alokasi pembangunan perumahan untuk Prajurit dan PNS-nya dalam jumlah yang besar. Pembangunan ini juga sejalan dengan program modernisasi Alutsista TNI yang sudah hampir 20 tahun tidak mengalami pembaruan berarti.  Sejalan dengan keberhasilan dalam membangun ekonomi nasional, Pemerintah telah berupaya keras untuk membangun kekuatan Alutsista TNI yang maju, modern dan disegani, di ikuti dengan meningkatnya kesejahteraan Prajurit dan PNS-nya.

   Sebagaimana kita ketahui bersama, upaya peningkatan kesejahteraan tidak saja dengan Pemerintah membangun perumahan prajurit dan PNS dalam jumlah besar, juga dilakukan dengan antara lain menaikangaji dan tunjangan, pemberian gaji ke-13, pemberian tunjangan Kinerja, serta juga pemberian tunjangan bagi aparat teritorial dan tunjangan yang memadai bagi yang bertugas di daerah rawan atau tugas oparasi.

    Juga bagi jajaran komando kewilayahan kita di Jawa Timur, telah dilengkapi dengan sarana transportasi yaitu sekitar 2.600 sepeda motor bagi para Babinsa, puluhan mobil bagi para Danramil dan juga kendaraan bagi seluruh Dandim.  Kita cermati bersama, hal ini merupakan atensi yang besar dari pemerintah untuk jajaran Komando Kewilayahan kita, yang selama ini belum dapat bekerja secara maksimal karena keterbatasan sarana kerja.

    Tentu semua usaha keras Pemerintah ini--dalam membangun Alutsista TNI dan kesejahteraan prajurit dan PNS-nya--bertujuan agar TNI, khususnya Kodam-V/Brawijaya akan semakin profesional dan sukses dalam melaksanakan tugas pokoknya. Dan saya berharap, kita semua dapat mewujudkannya dengan kita semua terus berusaha dan bekerja lebih keras lagi untuk menjadi prajurit dan PNS yang berdisiplin tinggi, Profesional pada tugasnya, mampu ber-Prestasi bagi satuannya, dan selalu Dicintai rakyat.

     Hadirin sekalian yang saya hormati,

    Walaupun belum sepenuhnya mencukupi jumlah kebutuhan perumahan prajurit, namun perlu bagi kita berterima kasih dan bersyukur atas terselesaikannya pembangunan Rumah Susun dan Rumah tapak ini.

    Pembangunan Perumahan ini juga bertujuan untuk mendorong pemenuhan kebutuhan rumah Prajurit yang layak, sehat, aman dan terjangkau jarak.Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Fasilitas Rumah Susun dan Rumah TapakPrajurit ini diberlakukan sebagai rumah dinas. Untuk itu, para unsur Pimpinan yang mendapat alokasi rumah bagi anggotanya, agar bertanggung jawab dalam pengawasan dan pengendaliannya sehingga rumah dinas tetap terawat dan sesuai peruntukannya.

    Selanjutnya, segera bentuk organisasi lingkungan semacam RT, RW dan Danplek, sesuai dengan situasi dan kondisi Rusun maupun Rumah Tapak yang ditempati untuk mewadahi berbagai kepentingan warga.Saya menekankan, laksanakan secara baik komunikasi sosial dengan masyarakat di lingkungan sekitar, sehingga kehadiran para prajurit dan PNS berikut keluarganya disini, akan membawa suasana yang nyaman, akrab, aman dan lebih jauh lagi adanya kemajuan bagi masyarakat sekitar.

     Hadirin sekalian yang saya banggakan,

   Perlu diketahui bahwa pada TA 2013 Kodam V/Brawijaya mendapat program pembangunan 4 paket Rumah Susun setara tower. Rusun tersebut terdapat di wilayah Korem 082/CPYJ di Yonif 521/Kediri sejumlah 108 KK, di wilayah Korem 083/BDJ sebanyak 108 KK, di Sumber alur 56 KK dan di Yonzipur-5 sebanyak 52 KK.  Juga di Korem 084/BJ di Sawotratap sejumlah 108 KK, serta 100 KK lainnya yaitu di Jl.Perwira Surabaya 48 KK dan di Yonarhanudse-8 sejumlah 52 KK.

    Di samping itu, pada TA 2013 Kodam kitajuga melaksanakan perbaikan pada rumah-rumah yang rusak berat dan Tidak Dapat Dihuni, dan saat ini juga kita resmikan hasil perbaikannya serta penempatannya oleh para Prajurit dan PNS kita.  Pada kegiatan ini, kita melakukan program pemeliharaan bangunan (Harbang) sejumlah 47 KK yang tersebar di seluruh jajaran Kodam V/Brawijaya. Melalui programCSR Angkatan Darat, kita  juga memperbaikiperumahan prajurit CSR Tahap I sebanyak 30 KK dengan over prestasi 13 KK, CSR Tahap II sebanyak 54 KK dengan over prestasi 10 KK di Yonif 521 dan 2 Barak remaja dengan daya tampung masing-masing 40 prajurit di Yonarmed 1/105 Malang. Sehingga secara menyeluruh, pada TA. 2013 ini kita telah mendapat penambahan perumahan dan barak prajurit dengan jumlah 574 KK, sebuah jumlah yang besar dan sangat berarti bagi kita semua.

    Dari upaya yang dilaksanakan pemerintah dan TNI Angkatan Darat,kita sadari bahwa memang masih belum memenuhi kebutuhan perumahan bagi para prajurit dan PNS yang masih mengontrak di luar wilayah kerjanya. Pemerintah dan Pimpinan akan terus berupaya memenuhi kebutuhan perumahan prajurit, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kinerja satuan dimasa yang akan datang.

     Para Hadirin, para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil yang saya cintai,

   Dengan telah diresmikannya penggunaan Rusundan Rumah tapak bagi prajurit dan PNS Kodam V/Brawijaya ini, saya minta kepada personel yang diberi kepercayaan menempati perumahan ini, agar memperhatikan pemeliharaan, sehingga Rumah  ini dapat digunakan dalam waktu yang lama.  Teruslah berkreasi untuk menciptakan rumah, halaman rumah kita dan juga lingkungan di perumahan ini menjadi asri, sejuk, nyaman, tertib, bersih, sehat dan juga aman.  Juga ber-gotong royonglah untuk membuat sarana umum seperti lapangan olah raga, sarana bermain anak, rumah ibadah dan prasarana umum lain yang dibutuhkan. Jangan ragu melapor ke Pimpinan bila ada kebutuhan yang memerlukan bantuan komando. Harapan saya dan juga harapan kita semua, para Prajurit dan PNS berikut keluarganya yang tinggal disini akan betah dan dapat melakukan pembinaan keluarganya secara baik.

    Juga pada kesempatan bersejarah ini, saya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kepala Zeni Kodam berserta jajarannya, juga kepada Pemerintahan Daerah dan masyarakat setempat, serta kepada para Komandan Satuan, para Prajurit-PNS, dan pihak-pihak yang telah bekerja keras membangun dan mewujudkan program perumahan ini dengan baik.

     Selanjutnya, dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.pada hari ini Rabu, 2 April 2014 pukul 09.30 WIB, Perumahan Prajurit dan PNS Kodam V/Brawijaya di Sawo Tratap Sidoarjo, di Sumber Alur Malang, di Yonif 521/DY Kediri, di Yonarhanudse-8, di Yonzipur-5 dan di Jl. Perwira Surabaya,secara serentaksaya nyatakan dengan resmi dimulaipenggunaannya”

    Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan kekuatan, bimbingan dan petunjuk-Nya kepada kita semua di dalam melanjutkan pengabdian kepada Kodam V/Brawijaya, kepada TNI AD, dan juga kepada bangsa dan negara yang kita cintai ini.

Sekian dan terima kasih.
Selamat menempati rumah baru,
Bhirawa Anoraga
Wassalamu‘alaikum Wr. Wb.


                                                                 Panglima Kodam V/Brawijaya



                                                                     Ediwan Prabowo, S.IP.
                                                                       Mayor Jenderal TNI



Berita Lain :