Pencarian  
adminwebSaturday, 12 April 2014 23:38 Amanat

AMANAT PANGLIMA KODAM V/BRW PADA UPACARA PENUTUPAN DIKMATA PK TNI AD GEL II TAHAP I PROGRAM TA. 2013



Tanggal     :    12 April 2014
Pukul        :     09.00 WIB
Tempat     :    Secata Rindam V/Brw Magetan

Ysh.     - Komandan Pangkalan Udara TNI AU Iswahyudi berserta jajaran,

Ysh      - Komandan Resort Militer 081/Dirot Jaya, para Asisten, para Kabalak Kodam, beserta para Pejabat di

          Jajaran Korem 081 Madiun,

Ysh      - Bupati Magetan, Ketua DPRD Magetan, para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Magetan,

          berserta para Pimpinan instansi TNI, Instansi Polri dan Instansi Sipil di Magetan.

Ysh      - Komandan Resimen Induk Kodam V/Brawijaya dan Komandan Sekolah Calon Tamtama, beserta para

          Pejabat dan Ibu-Ibu Persit Jajaran Rindam V/Brw,

Ysh      - Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pimpinan Lembaga Pendidikan, Pimpinan Badan Usaha,

          Pimpinan Ormas dan Kepemudaan,

Ysh      - para Orang Tua, para Wali serta segenap Keluarga dari para Tamtama Prajurit Karier (PK) yang baru

          saja sama-sama kita saksikan pelantikannya pada hari ini,

          - Para Tamu Undangan, Peserta Upacara, khususnya para Tamtama Lulusan Secata PK Tahap I

         TA. 2013 yang saya banggakan.



    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

   Sebagai insan yang beriman, marilah kita senantiasa menghaturkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,  karena pada pagi hari ini, kita semua dapat hadir dalam keadaan baik dan sehat, di Lapangan Sekolah Calon Tamtama (Secata) Magetan yang indah ini, untuk mengikuti sebuah acara bersejarah, yaitu Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama Prajurit Karier (PK)  TNI AD Gelombang II Tahap I Program TA. 2013.
  Juga sebagai rangkaian acara penting pada Upacara ini, kita telah menyaksikan bersama Acara Pelantikan dilanjutkan dengan Acara Penyumpahan para Prajurit Siswa Secata menjadi Prajurit Tamtama TNI AD.  Yaitu Prajurit yang tidak hanya menjadi kebanggaan keluarganya dan kebanggaan kita saja, namun juga menjadi kebanggaan masyarakat dan bangsa Indonesia.  Mereka adalah Prajurit yang pada saatnya nanti juga akan turut mewarnai kekuatan TNI AD, dan kokohnya kedaulatan Indonesia.
   Berkenaan dengan hal tersebut, saya selaku Pangdam V/ Brawijaya, atas nama Komando dan Keluarga Besar Kodam V/BRW, mengucapkan ”Selamat”  atas pelantikan kalian menjadi prajurit TNI AD.
Perlu saya sampaikan, bahwa pendidikan pertama yang telah Prajurit Tamtama tempuh selama 5 bulan ini,adalah bekal dasar, dimana kalian telah dibekali ilmu pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan, serta dasar golongan Tamtama. Selanjutnya kalian akan melanjutkan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD tahap II, yang akan dilaksanakan di pusat-pusat kecabangan masing-masing, untuk membekali kalian agar siap bertugas sebagai prajurit yang profesional di satuan jajaran TNI AD yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.

    Hadirin sekalian yang saya hormati,

  Saat ini, bangsa kita, termasuk masyarakat di Jawa Timur, ingin membangun Negara Indonesia yang lebih sejahtera, lebih aman, lebih adil, lebih demokratis, lebih mencintai lingkungan hidup, lebih mandiri, dan mampu berdaulat secara utuh.
  Jalan menuju Indonesia seperti itu, tentulah tidaklah mudah. Namun kita semua telah belajar, bahwa persoalan seberat apapun, dan krisis seperti apapun di negeri ini, selalu dapat kita atasi karena adanya kebersamaan, adanya persatuan, adanya solidaritas, dalam wadah semangat yang sama, yaitu semangat persatuan dan kesatuan NKRI.
  Khususnya dibidang kemandirian dan penegakkan kedaulatan negara, perlu saya sampaikan, bahwa setelah selama hampir 20 tahun tidak ada pembangunan persenjataan TNI, maka seiring dengan meningkatnya kekuatan ekonomi kita, saat ini TNI, termasuk TNI AD didalamnya, sedang dalam proses modernisasi kekuatan Alat Utama Sistem Persenjataannya (Alutsistanya).
  Hal ini sesungguhnya juga merupakan komitmen bangsa kita, yang ingin melihat Angkatan Bersenjata-nya disegani, dan kehormatan negaranya diakui.Pemerintah telah berupaya keras untuk membangun kekuatan Alutsista TNI yang maju, modern dan disegani, tentu juga di ikuti dengan upaya-upaya untuk meningkatnya profesionalitas dan kesejahteraan Prajurit.

   Prajurit lulusan Pendidikan Pertama Tamtama yang saya banggakan.

  Sebagai Prajurit Tamtama, kalian berperan dalam mendukung tugas satuan melalui penguasaan ilmu dan keterampilan teknis militer sesuai fungsi tugasnya. Di bidang Pertahanan padaproyeksimodernisasi Alutsista dan Kekuatan Pokok Minimal TNI AD(Minimum Esential Force), sebagai prajurit, maka kalianlah yang nantinya akan mengawaki alutsista modern tersebut. Karena itu, prajurit Tamtama dituntut untuk menyiapkan diri dan benar-benar menguasai tugas pokoknya, serta mahir dalam penerapannya di lapangan.
  Untuk mewujudkan hal tersebut, setiap prajurit Tamtama Remaja agar senantiasa mempersiapkan diri sebaik-baiknyadalam mengikuti pendidikan selanjutnya. Kembangkan dan tingkatkanlah budaya belajar dan berlatih yang mengacu kepada Tri Pola Dasar Pendidikan TNI yang meliputi aspek fisik, aspek kepribadian dan aspek intelektual secara seimbang.
  Dengan demikian kalian akan mampu memberikan andil bagi terbentuknya sumber daya prajurit yang berkualitas, tanggap, tanggon dan trengginas, sesuai postur prajurit yang ideal.
   Selanjutnya sebelum mengikuti pendidikan kecabangan, kalian akan mendapatkan cuti pendidikan. Untuk itu, saya mengharapkan jaga keselamatan dan keamanan diri kalian dengan baik, karena perjalanan tugas kalian masih panjang. Hindari dan cegah tindakan yang akan merugikan diri dan citra TNI AD selama melaksanakan cuti. Kalian juga harus mampu menyesuaikan diri mengingat status kalian sekarang telah berubah menjadi Prajurit TNI AD. Kembalilah tepat waktu, dan siapkan diri kalian untuk mengikuti jenjang pendidikan berikutnya.
   Juga teruslah menjaga kehormatan diri sebagai prajurit TNI AD,dengan senantiasa menjadi tauladan, baik melalui ucapan maupun tindakan. Hindari perbuatan tidak terpuji yang dapat merusak citra dan nama baik      TNI AD.
   Tanamkan pada hati kalian, bahwa menjadi Prajurit bukanlah hanya untuk mencari nafkah semata, Namun lebih mendalam lagi, Profesi sebagai seorang Prajurit TNI adalah suatu pilihan, merupakan tugas suci dan mulia, menjadikan kebanggaan dan suatu  kehormatan, karena  kalian adalah penjaga kedaulatan Bangsa dan Negara Indonesia. Saya ingatkan, bahwasanya setiap prajurit TNI senantiasa siap sedia mengorbankan jiwa dan raganya untuk Bangsa dan Negaranya.  
   Prajurit TNI dalam tugas pengabdiannya senantiasa di landasi dengan keikhlasan dan rela berkorban,tidak kenal menyerah, serta selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi dan golongan. Prajurit TNI berasal dari rakyat dan akan selalu bersama serta manunggal dengan rakyat. Teruslah bertekad menjadi prajurit Brawijaya yang berdisiplin tinggi, profesional, mampu berprestasi diberbagai medan tugas, serta selalu mencintai dan diCintai oleh Rakyat.

    Hadirin dan peserta upacara sekalian yang saya hormati,

  Sebelum mengakhiri amanat  ini, kepada Danrindam V/Brawijaya beserta Staf, juga kepada Dansecata beserta para Gumil, para Pelatih dan para tenaga Kependidikan lainnya, saya ucapkan “terima kasih” dan “penghargaan yang tinggi” atas kerja keras dankesungguhannyadalam mendorong dan membina para Prajurit Tamtama ini,sehingga mereka dapat menyelesaikan pendidikannya dengan baik dan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
  Secara khusus pula, Kepada Pemerintahan Daerah dan Masyarakat Kabupaten Magetan, kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang tak terhingga atas segala bantuan dan partisipasinya terhadap kelancaran tugas lembaga pendidikan ini.
  Juga kepada para orang tua atau para wali dari prajurit Tamtama yang baru dilantik, kami mengucapkan ”Selamat” dan juga berterima kasih atas segala dukungan serta do’a restunya. sehingga para Prajurit Tamtama dapat berhasil mengikuti pendidikan ini.
   Kami berharap, dukungan dan do’a yang tulus dari Bapak dan Ibu sekalian dapat terus diberikan kepada putra-putranya, dengan harapan agar kelak menjadi prajurit-prajurit yang dapat dibanggakan dan membawa nama baik keluarga, nama baik satuannya, dan juga nama baik TNI serta negara kita.
   Demikian pesan dan harapan saya pada acara yang penting ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan, petunjuk dan perlindungan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara yang kita cintai.


    Sekian dan terima kasih.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


                                                                 Panglima Kodam V/Brawijaya,



                                                                    Ediwan Prabowo, S.I.P.
                                                                      Mayor Jenderal TNI

 




Berita Lain :