Pencarian  
adminwebTuesday, 19 March 2013 09:34 Berita Satuan

MAYJEN TNI EDIWAN PRABOWO PANGDAM V/BRAWIJAYA BARU

 

MAYJEN TNI EDIWAN PRABOWO PANGDAM V/BRAWIJAYA BARU


Surabaya, Mayjen TNI  Ediwan Prabowo, S.IP pada hari Jum;at  (8/3) resmidi lantik sebagai Pangdam V/Brawijaya, menggantikan Mayor Jenderal TNI Murjito dengan mengadakan Apel Khusus bertempat dilapangan upacara Kodam V/Brawijaya Surabaya. Sebelumnya Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo pada Rabu (6/3) telah melantik Mayjen TNI  Ediwan Prabowo, S.IP sebagai Pangdam V/Brawijaya,  yang dilaksanakan di Markas Besar Angkatan Darat  Jakarta.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI  R. Ediwan Prabowo, S.IPmerupakan salah satu perwira TNI-AD lulusan Akmil tahun 1984 yang mengawali karier militernya sebagai Komandan Peleton Batalyon Armed-15 dengan pangkat pertama Letnan Dua. Bapak dua putra dan satu putri kelahiran Jakarta Barat 04 Oktober 1961 yang beristrikan Shinta Rengganis ini pernah melaksanakan penugasan luar negeri ke beberapa negara antara lain : Korea Selatan, Brunei Darusalam, Australia, Italia, dan Amerika Serikat (USA). Penerima tanda jasa Bintang Kaertika Eka Paksi Nararya ini  sebelumnya menjabat  di Kementrian Pertahanan RI, sedangkan Mayor Jenderal TNI  Murjito selanjutnya akan kembali menjadi Warga Negara Indonesia karena terhitung mulai 1 Maret 2013 memasuki masa pensiun.

Pada beberapa hari sebelumnya, calon Pangdam V/Brawijaya baru Mayjen TNI  R. Ediwan Prabowo, S.IP  mengikuti rangkaian kegiatan tradisi korps penyambutan calon Pangdam V/Brawijaya meliputi: Mayjen TNI    Ediwan Prabowo, S.IP beserta isterinya tiba didepan Markas Kodam V/Brawijaya dan menerima penghormatan dari jaga pos-1 regu jajar kehormatan yang disambut oleh Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI  Amrid Salas Kembaren beserta isteri, berikutnya Mayjen TNI  Ediwan Prabowo, S.IP beserta isteri menerima pengalungan bunga dan bunga tangan. Tarian Cucuk lampah yang memandu calon Pangdam V/Brawijaya beserta isteri memasuki ruang hening Kodam V/Brawijaya diikuti oleh Kasdam V/Brawijaya, Irdam V/Brawijaya, para Komandan Korem jajaran Kodam V/Brawijaya serta para Kepala Badan Pelaksana Kodam V/Brawijaya. Didalam ruang hening Kodam V/Brawijaya baik Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI  Murjito beserta isteri maupun calon Pangdam V/Brawijaya yang baru Mayjen TNI Ediwan Prabowo, S.IP  beserta isteri serta undangan lainnya, menyanyikan lagu Mars Brawijaya kemudian dilanjutkan pembacaan pesan-pesan para pendahulu pejabat Pangdam V/Brawijaya. Penciuman Pataka Kodam V/Brawijaya oleh calon Pangdam V/Brawijaya wajib dilaksanakan, dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa kecintaan terhadap Kodam V/Brawijaya. Dengan diakhiri menyanyikan lagu Mars Brawijaya  serta ucapan selamat dari para undangan, maka prosesi penerimaan calon Pangdam V/Brawijaya selesai. Dengan berakhirnya prosesi tersebut, Mayjen TNI  Ediwan Prabowo, S.IP,  beserta isteri dan keluarganya telah resmi menjadi bagian penting keluarga besar Kodam V/Brawijaya.

Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI   Pramono Edhie Wibowo dalam amanatnya mengatakan, Kodam V/Brawijaya sebagai salah satu Kotama Pembinaan TNI Angkatan Darat bertugas menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan serta melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) untuk menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan Negara di wilayah Jawa Timur.

Selain itu Jenderal bintang empat ini menjelaskan, memahami kondisi tersebut, Kodam V/Brawijaya memikul peran dan tanggung jawab yang sangat besar, terutama dalam konteks Pembinaan Kewilayahan, mengingat wilayah Kodam memiliki karakteristik yang unik dan berbagai kekhususan yang berbasis keanekaragaman dan kemajemukan baik aspek geografi, demografi maupun kondisi social masyarakat.Oleh karena itu, hendaknya perlu dipahami dan dicermati karakteristik wilayah dan masyarakat Jawa Timur yang beragam agar dapat menentukan kebijakan dan langkah yang tepat dalam mengatasi setiap persoalan yang mungkin timbul.

Serah terima jabatan Pangdam V/Brawijaya yang didukung oleh sekitar 5000 orang Prajurit Kodam V/Brawijaya, Pasukan TNI AL, TNI AU, BRIMOB,  FKPPI, PPM, PP dan PNS jajaran Kodam V/Brawijaya tersebut, diwarnai dengan  atraksi   Tarian Kolosal Sejarah Pasukan Brawijaya dari Gabungan Sanggar Tari  Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Siswa-Siswa SDN, SMPN, SMAN dan Prajurit Batalyon Arhanudse-8 Sidoarjo serta Kodim 0815/Mojokerto dan Kodim 0816/Sidoarjo.     Kegiatan diakhiri dengan Defile dari seluruh peserta apel yang diawali dengan Lambang-Lambang Kesatuan.

Turut hadir pula pada acara tersebut Gubernur Jawa Timur Pakde Sukarwo, para Pangkotama TNI dan Polri wilayah Jawa Timur, para mantan Pangdam V/Brawijaya, tokoh masyarakat, ulama, dan tokoh agama Jawa Timur serta para Perwira Tinggi (Pati) jajaran TNI AD. (Pendam)


Berita Lain :