Pencarian  
adminwebMonday, 15 December 2014 11:15 Amanat

AMANAT HARI JUANG KARTIKA KE 69

KEPALA STAF ANGKATAN DARAT
AMANAT
PADA UPACARA HARI JUANG KARTIKA TAHUN 2014
Tanggal : 15 Desember 2014
Waktu : 07.00 WS
Tempat : Tersebar di Satuan Jajaran
TNI AD
Para Perwira, Bintara, Tamtama dan Segenap Pegawai Negeri Sipil TNI AD yang saya cintai dan saya banggakan,
Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan ridho-Nya, hari ini kita dapat melaksanakan Upacara Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2014, dalam keadaan sehat wal ’afiat.
Sehubungan dengan itu, selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi, saya menyampaikan Selamat Ulang Tahun, kepada segenap Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD beserta keluarga, di manapun berada dan bertugas, teriring ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas pengabdiannya selama ini.
Momentum peringatan Hari Juang Kartika ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai wahana untuk melakukan instrospeksi dan mawas diri terhadap pelaksanaan tugas yang telah dilakukan dalam kurun waktu satu tahun yang lalu, sekaligus untuk membulatkan tekad dalam mengoptimalkan pengabdian TNI AD ke depan.
Melalui kesempatan yang membanggakan ini, juga perlu saya sampaikan bahwa berbagai keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai TNI AD hingga saat ini,
tentu tidak terlepas dari kerja keras pimpinan TNI AD terdahulu dan para senior, serta pengabdian, dedikasi, perjuangan dan pengorbanan segenap sesepuh TNI AD selama berdinas di satuan jajaran TNI AD.
Untuk itu, atas nama pribadi dan Kepala Staf Angkatan Darat saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jasa yang telah diberikan kepada TNI AD, seraya berdoa semoga semua itu dapat menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi tugas pengabdian kita.
Hadirin dan Peserta Upacara sekalian yang saya hormati,
Pada kesempatan yang baik ini saya ingatkan Pesan Bapak Panglima Besar Jenderal Sudirman bahwa prajurit bukanlah Tentara sewaan dan bukan Tentara bayaran, politik Tentara adalah politik Negara, dan loyalitas Tentara hanya untuk kepentingan Bangsa dan Negara.
Dalam koteks tersebut kita maknai bahwa sejak lahir TNI tidak berpolitik praktis sehingga tidak terkotak-kotak dalam berbagai kepentingan, dan loyalitas TNI adalah loyalitas tegak lurus sesuai jenjang hierarkhi mulai dari Pimpinan paling rendah sampai dengan Presiden selaku Panglima Tertinggi TNI serta wajib bagi TNI untuk mendukung sepenuhnya kebijakan Pemerintah dalam menjalankan program pembangunan.
Berkenaan dengan hal tersebut, pada kesempatan ini saya sampaikan pengarahan Presiden RI, Bpk Ir. H Joko Widodo kepada para Pangkotama, Kabalakpus dan peserta Apel Danrem Dandim terpusat TA. 2014 di Pangkalanbun Kalimantan Tengah tanggal 5 Desember 2014 yang lalu, Bapak Presiden menyampaikan visi Pemerintah yaitu “Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”. Selanjutnya Beliau menyampaikan pokok-pokok keinginannya
untuk mewujudkan Visinya tersebut melalui swasembada pangan dalam tiga tahun, pembangunan jalan dan jalan tol, pembangunan trans kereta api, pembangunan pelabuhan, pemenuhan kebutuhan listrik rakyat, pembangunan waduk/bendungan dan irigasi, menghentikan perambah hutan, pembangunan poros jalan di sepanjang perbatasan, darurat narkoba, dan deradikalisasi faham terorisme.
Untuk mempercepat pencapaian visi tersebut khususnya dalam rangka mewujudkan swasembada pangan Bapak Presiden RI telah menginstrusikan kepada Kepala Staf Angkatan Darat agar membantu sepenuhnya melalui Pemberdayaan Babinsa beserta seluruh Prajurit dan Satuan jajaran TNI AD untuk melaksanakan tugas pendampingan dengan jajaran Kementerian Pertanian RI dan masyarakat petani di seluruh penjuru Tanah Air.
6
Selain itu, beberapa Kementerian juga menaruh harapan untuk dapat bekerjasama dengan TNI AD dalam rangka menyukseskan tugas Pemerintah sesuai bidang Kementeriannya. Oleh karena itu saya perintahkan kepada para Pangkotama, Kabalakpus dan seluruh Prajurit dimanapun kalian berada dan bertugas untuk senantiasa memelihara komunikasi sosial, bekerjasama dan bergandeng tangan dengan berbagai instansi Pemerintah, swasta dan masyarakat untuk bahu mambahu menyukseskan program Pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, Bangsa dan Negara.
Kembangkan kerjasama dengan Perguruan Tinggi dan para ilmuwan, sehingga dapat terus dikembangkan inovasi teknologi hemat energi, teknologi pertanian dan teknologi terapan khususnya yang langsung menyentuh kepentingan dan
kebutuhan masyarakat petani dan masyarakat pedesaan. Kesemua itu sejalan dengan tema Hari Juang Kartika tahun ini, yaitu :
“Bersama Rakyat TNI AD Kuat, Bersama TNI AD Rakyat Damai dan Sejahtera”.
Saya berharap tema tersebut dipahami dan dihayati oleh setiap Prajurit, sehingga dapat menimbulkan kesadaran yang sangat mendalam bahwa kekuatan inti TNI AD ada pada Rakyat yang terus kita bangun dalam kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Laksanakan terus Serbuan Teritorial melalui kegiatan nyata yang lebih serius, serentak dan menyentuh sendi-sendi kehidupan masyarakat. Dengan Serbuan Teritorial kita bangun kecintaan TNI terhadap Rakyat sehingga Rakyat makin mencintai TNI.
Hadirin dan Peserta Upacara sekalian yang saya hormati,
Melalui kesempatan yang baik ini, selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, kalangan pengusaha, tokoh masyarakat, tokoh agama, Pemuda, Ormas/OKP, media massa dan segenap komponen bangsa, yang telah memberikan dukungan, bantuan dan kerjasamanya dengan seluruh satuan jajaran TNI AD di manapun berada dan bertugas.
Kami menyadari bahwa dalam pelaksanaan tugas dan bersosialisasi dengan masyarakat, masih ada Prajurit kami yang khilaf dalam bertutur kata, berbuat dan bertindak sehingga membersit rasa kurang berkenan di hati masyarakat, oleh karena itu pada kesempatan ini perkenankan kami memohon maaf yang sebesar-besarnya.
Mari kita mantapkan langkah menuju kemanunggalan TNI dengan Rakyat, TNI AD yang maju, modern, dan berkelas dunia, dengan berbuat yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas serta tetap semangat dalam menjalankan setiap pelaksanaan tugas yang diembankan Negara kepada TNI AD.
Dirgahayu TNI Angkatan Darat
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan-Nya kepada kita dalam mempersembahkan darma bakti terbaik, demi tetap tegaknya NKRI yang sangat kita cintai bersama.
Sekian dan terima kasih.
Jakarta, 15 Desember 2014
Kepala Staf Angkatan Darat,

TTD
Gatot Nurmantyo
Jenderal TNI


Berita Lain :